Oh,,Jadi Begini Rangkaian OPREC KSR PMI Unit Untidar

OPREC apa sih?

         KSR PMI Unit Untidar merupakan salah satu UKM yang ada di Universitas Tidar yang bergerak dalam bidang kemanusiaan. Setiap tahunnya KSR PMI Unit Untidar mengadakan Open Recruitment (Oprec) atau pendaftaran anggota baru. Bagi kalian yang ingin menjadi relawan yuk simak step by step Oprec berikut ini.

Apakah ikut KSR harus memiliki basic PMR?  BIG NO

KSR Mewadahi siapapun mahasiswa yang memiliki minat di bidang kemanusiaan dan kepalangmerahan.

Anggota KSR PMI Unit Untidar Periode 2019
Sebelum kita masuk ke pembahasan langkah- langkah oprec kita harus tau tujuan diadakannya oprec . Tujuannya tentunya untuk reorganisasi UKM tersebut. Selain itu KSR juga mewadahi bagi mahasiswa Untidar yang memiliki jiwa kemanusiaan dan kepalangmerahan. 

So, apa aja sih step nya ?

1. Pengumpulan berkas 

Tahap pertama tentunya pengumpulan berkas. Berkas yang harus dilengkapi per tahunnya berbeda ya.. ini sesuai dengan kebutuhan. Biasanya sih berkas yang harus dikumpulkan berupa form pendaftaran, fc KTM, Surat Kesanggupan, dan surat keterangan sehat.
Berkas ini kemudian dikumpulkan dalam sebuah map yang nantinya akan disortir sesuai kelengkapan. Bagi mahasiswa yang lengkap akan lolos seleksi administrasi.

2. Tes Wawancara dan Tertulis

Tahap kedua yaitu sesi wawancara dan tes tertulis. Bagi mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi administrasi atau biasa kita menyebutnya CKSR (Calon KSR) akan mengikuti tes wawancara dan tertulis. Pewawancara yang dihadirkan biasanya dari Dewan Pertimbangan Organisasi, PMI Kota Magelang, dan perwakilan Anggota KSR yng terpilih.
Tes tertulis mengambil materi kepalangmerahan dasar, seperti pengetahuan PMI secara umum.


Registrasi Peserta Tes Wawancara dan Tes Tertulis

Proses Wawancara oleh Komandan Markas PMI Kota Magelang

3. Pradiklatdas

Tahap ketiga yaitu PRADIKLATDAS atau Pra Pendidikan dan Pelatihan Dasar. Bagi CKSR yang lolos tahap kedua akan mengikuti kegiatan ini. Kegiatan Pradiklat biasanya berupa rangkaian pemberian materi, baik paparan atau praktek mengenai materi yang ada di PMI. Dalan acara ini CKSR akan dibekali ilmu yang nantinya akan berguna saat penugasan di lapangan. Biasanya pradiklat diadakan 2 hari 1 malam.












4. Latihan Rutin

Setelah mengikuti pradiklatdas CKSR wajib mengikuti latihan rutin. Latihan rutin yaitu serangkaian kegiatan pemberian materi kepalangmerahan. Materi yang disampaikan akan bermuara di Diklatdas, jadi bagi CKSR yng tidak mengikuti latihan rutin dipastikan akan gugur dalam Diklatdas.

5. Diklatdas

Puncak acara dari Oprec ini adalah Diklatdas. Diklatdas merupakan rangkaian puncak yang berupa pengujian kemmapuan sekaligus evaluasi CKSR sebelum resmi menjadi KSR. Dalam rangkaian ini CKSR diuji menta dan kemampuannya sebelum benar- benar dilantuik menjadi anggota KSR.
Berikut dokumentasi Diksar Angkatan V. Oiya ada 3 tempat dalam acara Diksar kemarin, yaitu di PMI Kota Magelang, Gunung Andong, dan Bumi Perkemahan Mangli.























Sekian penjelasan rangkaian Oprec kali ini. See you!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musyawarah Besar KSR PMI Unit Untidar